Pages

Tuesday, September 7, 2021

Safa Sudah Mulai Belajar Mengucapkan Kata-kata

Sekitar Desember 2020,, saya ingat sekali kalau Safa sudah bisa melanjutkan suku kata terakhir dari sebuah kata. Di postingan sebelumnya saya bercerita bahwa Safa belum bisa mengucapkan kata dengan jelas kecuali kata maem dan nenen. Tapi saya tidak terlalu khawatir terhadap perkembangan bahasanya karena sedikit-sedikit nanti in syaa Alloh bisa (ucap saya dalam hati). Jadi walaupun di usia 20 bulan Safa belum bisa mengucapkan kata2 dengan jelas dan tidak bisa melajutkan suku kata terakhir dari sebuah kata, saya dan suami tidak menganggap itu speech delay. Alhamdulillah dalam bulan yang ke-20 ini tiba-tiba Safa bisa mengucapkan 'jah' jika Saya mengucapkan 'Ga,,,". Kemudian kata selanjutnya yang bisa dia ikuti adalah 'ta' dari kata Unta, 'yah' dari kata Ayah. Namun, ketika saya mengucapkan kata Bun....., dia belum bisa mengikuti dengan mengucap 'da'. 

Alhamdulillah,, saya senang sekali melihat perkembangan ini. Ini artinya Safa sudah bisa mengucapkan kata-kata. Proses ini mengingatkan saya pada proses berbicara Emir. Dulu pun pas Emir awal-awal belajar berbicara,, dia baru bisa melanjutkan suku kata terakhir dari kata yang saya ucapkan. Semakin kesini, saya semakin bertambah kosa katanya. Memasuki umur 2 tahun Safa sudah mulai mengucapkan satu kata walaupun pengucapannya belum terlalu jelas. Dia pun punya panggilan baru untuk Bundanya. Safa tidak memanggil saya Bunda melainkan Nenti. Awalnya dia mengucapkan nenti merujuk pada nenen. Tapi kok lama kelamaan, saat dia memanggil saya pun hanya kata Nenti yang diucapkan. Karena itu lucu, saya dan suami membiarkan Safa memanggil saya Nenti. 

Sampai umur 2 tahun 4 bulan, Safa sudah bisa mengucapkan kalimat yg terdiri dari 2 kata. Sekarang Safa sudah jelas mengucapkan Ayah, Mbah, Nenti, Ma Emih (Mas EMir), Ici Manih (isi kembali air minum), tunan cabit (bukan sabit), tonon (tolong), meng wawa (Kucing Safa), tak nak (ga mau), Wawa (Safa), Wawa duyu (Safa dulu), Wawa tuta (Safa juga), nak ini (mau ini), dan masih banyak yang lainnya. Oiya,, Safa juga sudah mulai bisa berdoa sehari-hari mengikuti Bundanya berdoa dan membaca akhir ayat dari surah-surah pendek.

Alhamdulillah,, semakin hari semakin pintar berbicaranya. Semoga menjadi anak yg solehah ya nak. Nanti tambah besar tambah pinter ngaji sama Mas Emir. Love you so much....

Jakarta, 7 September 2021

No comments:

Post a Comment